• Alamat : Jalan Raya Panglegur Km.4 Pamekasan 69371 - Jawa Timur
  • Telp/Fax : +62 324 322551
  • Email : pgmi@iainmadura.ac.id

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Institut Agama Islam Negeri Madura

Membekali Mahasiswa PGMI IAIN Madura dengan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD)


 


 


Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah IAIN Madura bekerjasama dengan Pusat Pendidikan dan Latihan (PUSDILAT) Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Pamekasan dan UKM Pramuka IAIN Madura Gugus Depan Pamekasan 02.123 – 02.120, mengadakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) bagi mahasiswa untuk membekali mereka ilmu-ilmu kepramukaan saat nanti berada di lembaga pendidikan. Kegiatan KMD ini merupakan KMD perdana yang diselenggarakan oleh Prodi PGMI, meskipun demikian respon dari peserta bisa dibilang sangat antusias, terlihat dari banyaknya pendaftar. Tetapi kami hnya membatasi 80 peserta saja yang terdiri dari semester 6 dan 8.


Technical Meeting kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 22 Juli 2019 pukul 12.00. sedangkan pelaksanaannya dilaksanakan selama satu minggu , Senin s.d Minggu tanggal 24 s.d 30 Juli 2019., Peserta yang hadir berjumlah 76 peserta, 60% di dominasi oleh semester enam, dan 40% semester delapan. Peserta kemudian dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas A dan kelas B yang dari masing-masing kelas tersebut akan dibentuk menjadi 4 sampai 5 kelompok kecil. Untuk membedakan kelompok tersebut para pelatih memberikan ciri khas dengan memberikan bendera dengan warna berbeda-beda.


Kegiatan KMD diawali dengan upacara pembukaan pada Senin, 24 Juli 2019 pukul 07.30 WIB bertempat di Auditorium Fakultas Tarbiyah. Dihadiri oleh Dekan Fakultas Tarbiyah, Wakil Dekan 3, 16 Pelatih KMD dari Pusdiklat Kwarcab Pamekasan, dan dosen prodi PGMI. Dalam upacara pembukaan secara simbolis diadakan penyerahan tunggul latihan dan penyematan tanda peserta yang diwakili oleh 2 peserta KMD. Secara resmi kegiatan KMD dibuka oleh Dr. H. Atiqullah, M.Pd. selaku Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Madura. Setelah selesai pembukaan para peserta diarahkan untuk menuju kelas masing-masing guna untuk menerima materi dari para pelatih. Kelas A terletak di ruang 57 dan kelas B bertempat di ruang 56, sedangkan para pelatih bertempat di sekretariatan yaitu ruang 58.


Memasuki hari kedua sampai hari ke empat kegiatan, seperti biasa peserta melaksanakan apel pagi dengan petugas bergantian setiap hari, sehingga semua peserta kelompok memiliki pengalaman menjadi petugas apel. Setelah upacara selesai para pelatih mengevaluasi dan memberi masukan kepada para petugas dan peserta upacara guna untuk perbaikan kedepannya. Setelah selesai melaksanakan apel pembukaan kemudian para peserta kembali ke ruangan guna untuk menerima materi selanjutnya. Penyampaian materi tersebut dilaksanakan selama empat hari terhitung mulai Senin s.d Kamis, 24 s.d 27 Juli 2019. Dan pada hari selanjutya akan diadakan materi lapangan yang dikemas dalam bentuk perkemahan mulai Jumat s.d Ahad, 28 s.d 30 Juli 2019.


Hari terakhir pelaksanaan KMD, para pelatih menyampaikan bahwa meskipun kegiatan KMD sudah usai, tapi perjuangan peserta belum selesa, mereka harus melakukan narakarya sebagai syarat untuk mendapatkan ijazah KMD. Kemudian kegiatan ini di akhiri sekitar pukul 10.00 WIB oleh Dr. H. Atiqullah, M.Pd. selaku Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Madura, dilanjutkan dengan sayonara dan bersalam-salaman.


 

 

Hasil polling sementara

Bagaimana pendapat anda tentang web Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah?

Sangat Baik
63.6 %
Baik
18.2 %
Cukup
9.1 %
Kurang
9.1 %
Pilih polling sekarang

Data Pengunjung

Online 0 Users
Total Hits Hits
Hari Ini 151
Kemarin 899
Bulan Ini 18621
Tahun Ini 347847
Total 421700